SQ3R adalah metode membaca yang terdiri
atas langkah-langkah
dasar dalam belajar dengan cara yang efisien. Adapun SQ3R ini
merupakan kepanjangan dari S untuk
Survey, dan Q untuk Question, dan 3R untuk Read, Recite dan Review.
'McNamara, T. (2000)
menyatakan bahwa metode SQ3R merupakan metode pemahaman
awalnya diciptakan sebagai strategi
keterampilan studi bagi siswa. Implementasi
dari metode ini terdiri dari lima langkah
yang dapat dijelaskan sebagai berikut:
Survey
Langkah ini merupakan langkah pertama
yang dilakukan para pembaca atau para siswa sebelum memulai membaca. Langkah ini dimulai dengan cara melihat seluruh teks, lihat apa judul
dari bacaan tersebut, dan hal ini akan
mengarahkan siswa/pembaca tahu mengenai apa yang akan dibaca dengan cara: memeriksa pengenalan
dan ringkasan paragraf, referensi, dan
lain-lain.
Question
Pada Langkah ini, para pembaca atau para
siswa dituntut untuk bisa bertanya pada diri sendiri teks tersebut
“mengenai apa, bagaimana, kenapa, dsb”. Jadi pada tahapan ini
siswa bisa dibimbing untuk mempertanyakan teks yang dibaca sehingga mereka bisa
mencari tahu lebih dalam lagi mengenai teks tersebut.
Read
Selanjutnya, para siswa membaca paragraf yang ditugaskan
dengan meninjau kembali dan
mencoba untuk menjawab
pertanyaan-pertanyaan yang berkembang di langkah sebelumnya. Siswa harus merevisi pertanyaan
yang diperlukan atau membuat
pertanyaan baru yang muncul selama mereka membaca. Bagian ini membutuhkan konsentrasi tinggi
dan waktu yang cukup bagi siswa.
Recite /write
Pada tahap ini, siswa dituntut untuk
bisa berkata
pada dirinya sendiri dengan suara yang
keras atau menuliskan
kembali
kata kunci yang meringkas poin utama dari bagian teks/paragraf
tersebut dan
jawab pertanyaan
yang ada dalam teks. Hal yang lebih terpenting
adalah siswa diharapkan untuk menggunakan kata-katanya
sendiri dan bukan hanya sekedar
menyalin kalimat dari
teks.
Review
Langkah selanjutnya setelah melakukan langkah 2-4,
siswa memiliki daftar kata kunci yang menyediakan semacam
garis besar untuk teks, uji para siswa dengan menutupi kata kunci dan lihat seberapa baik siswa dapat mengingat kata
kunci tersebut. Langkah
ini harus siswa lakukan setelah siswa selesai membaca teks. Jika siswa tidak dapat mengingat salah
satu poin utama dari
yang siswa buat, itu berarti adalah bagian yang siswa butuhkan untuk membaca ulang.
Apakah teachers sekalian tertarik untuk
menggunakan metode ini? Semoga metode ini bisa bermanfaat bagi teachers
sekalian.
Jangan lupa kunjungi juga akun youtube PET Proenglishteacher di sini dan subscribe video-videonya.
Jangan lupa kunjungi juga akun youtube PET Proenglishteacher di sini dan subscribe video-videonya.
(Prasetya)
it's nice strategy. bisa minta artikel dr McNamara, T. ttg strategi ini?
ReplyDeleteMay I ask you question, Sir?
ReplyDeleteI want to know,is there any difference results between reading with using survey and question, and reading without doing these steps?
Do you have explanation for that? Thank you, Sir.
The result won't be meaningful as expected then since two steps are terminated or omitted. The two preeceding steps maximize the effects of the rests. Therefore, without the two steps, the rests will be an ordinary activity for the students. Although without the first two steps the result could be good even great for some students, however the first two steps will make the learning become meaningful and intensify students' curiousity (question step) about the topic as well as enhancing their comprehension since they get another information from another source (survey step) as something they can contradict with or to support with. Hope this explains.
Deletecan i ask your email sir? i have a lot of questions
ReplyDelete