Artikel Lainnya

Monday, May 25, 2015

Self-Assessment untuk Pelajaran Reading

Hai teachers... Pada kesempatan kali ini, penulis masih membahas mengenai self-assessment. Namun kali ini penulis akan membahasnya untuk pelajaran membaca (Reading). Seperti yang pernah penulis bahas sebelumnya, ketika melakukan asesmen dalam pembelajaran di kelas, sangat penting mengetahui informasi siswa terkait dengan materi yang diajarkan. Hal ini untuk mengetahui feedback yang dapat kita ambil terkait dengan materi yang diajarkan. Proses pengumpulan informasi ini dapat dilakukan melalui pemberian asesmen diri atau yang lebih kita kenal dengan self-assessment. Pada kesempatan kali ini penulis ingin membahas mengenai self-assessment pada pembelajaran membaca (Reading). Check this out…!!!


Nah kali ini, penulis ingin memberikan salah satu contoh asesmen diri yang bisa digunakan pada pelajaran reading. Adapun aspek yang digunakan pada instrument self-assessment pada pelajaran membaca yang ingin penulis bahas dapat dilihat di bawah ini:

1
Pemahaman akan topic yang dibaca (Comprehension)
2
Prediksi terhadap isi bacaan (Prediction)
3
Membaca kembali (Rereading)
4
Bantuan (Help)
5
Mencari ide pokok (Finding main idea)
6
Mencatat (Taking note)
7
Diskusi (Discussion)
8
Sumber bacaan (Sources)
9
Menggaris bawahi kalimat (Outlining sentences)

Instrumen yang akan penulis berikan adalah self-assessment secara umum untuk pelajaran membaca yang biasanya bisa digunakan pada Reading Log. Namun, dari satu contoh ini, teachers sekalian dapat memodifikasinya dengan mengganti butir pernyataan atau pertanyaan sesuai dengan topic yang teachers ajarkan. Mohon diingat bahwa instrument ini digunakan pada materi reading. Sehingga, instrument ini tidak bisa digunakan pada materi listening, speaking, apalagi writing.

No
Strategi
Sering
Kadang-kadang
Hampir tidak pernah
1
Saya memikirkan hal-hal yang berkaitan dengan topic yang saya baca



2
Saya membuat prediksi akan bacaan dan membaca untuk membuktikan prediksi saya benar



3
Saya membaca kembali kalimat sebelum dan seduah terhadap kata/kalimat yang saya tidak ketahui



4
Saya meminta bantuan siswa lain untuk membantu dalam mengertikan isi bacaan



5
Saya mencari ide pokok dalam bacaan



6
Saya menulis catatan



7
Saya berdiskusi dengan orang lain akan topic bacaan yang saya baca



8
Saya membaca buku-buku dari koleksi pribadi yang ada di rumah



9
Saya menggaris bawahi kalimat-kalimat dalam bacaan yang saya anggap penting



No comments:

Post a Comment