PQRST adalah strategi yang mengajarkan
siswa untuk lebih teliti dalam membaca dan memberikan pemahaman yang lebih
baik. Dalam penggunaan strategi ini, Siswa diminta untuk berpikir tentang apa
yang mereka baca dan menulis pertanyaan yang berhubungan dengan topic dan
mencari jawaban atas pertayaan mereka dengan cara membaca lebih seksama.
Tujuan dari PQRST adalah untuk
meningkatkan pemahaman membaca dan menumbuhkan rasa ingin tahu siswa terkait
dengan topic yang akan dibaca. Namun, dalam pengimplementasian strategi ini,
Teks yang diberikan hendaknya teks yang kaya akan informasi sehingga siswa
nantinya bisa menemukan jawaban atas pertanyaan-pertanyaan yang mereka miliki.
Seperti namanya, PQRST ini terdiri atas
5 tahapan yang dapat dijelaskan sebagai berikut:
Preview
Pada tahapan ini, siswa akan diminta
untuk mengamati atau membaca secara umum dan sekilas saja. Kemudian, siswa
diminta untuk mengaitkan dengan hal-hal yang mereka ketahui dan mengaktifkan
prior knowledge mereka, khususnya terkait dengan topik.
Questions
Pada tahapan ini, siswa diminta untuk
membuat pertanyaan-pertanyaan mengenai topic yang dibaca. Pertanyaan ini adalah
pertanyaan yang muncul dari keingintahuan mereka setelah membaca secara umum.
Perlu diketahui, membaca teks secara umum tidak memberikan kita informasi yang
menyeluruh apalagi jika waktu yang diberikan sangatlah terbatas. Pertanyaan-pertanyaan ini sebenarnya menuntun
mereka untuk mampu membaca lebih teliti dan menemukan informasi yang mereka
ingin ketahui. Misalnya saja teks yang diberikan adalah naratif, maka
kemungkinan pertanyaan mereka adalah:
- Who is/are the major character/s?
- What do/es the major character/s look like?
- Where did the story take place?
Read
Setelah membuat pertanyaan, maka
suruhlah mereka untuk menjawab pertanyaan yang sudah mereka buat sebelumnya
dengan membaca teks tersebut secara lebih teliti lagi. Pertanyaan tersebutlah
yang akan membuat mereka untuk membaca secara lebih teliti dan bahkan bisa
berulang-ulang demi memahami isi teks dan akhirnya mampu menjawab pertanyaan
yang mereka telah buat sebelumnya.
State
Pada tahapan ini siswa diminta untuk
membuat ringkasan dari teks yang telah mereka baca dengan teliti sebelumnya.
Tentunya ringkasan ini hendaknya dilakukan dengan menggunakan bahasa mereka
sendiri dengan tidak melakukan copy paste.
Test
Pada tahapan ini, siswa akan diberikan
pertanyaan yang terkait dengan isi teks. Pada tahapan test ini, siswa akan
benar-benar diuji apakah telah memahami teks yang telah diberikan atau belum.
Penjelasan di atas merupakan penjelasan
dari strategi PQRST. Semoga penjelasan tersebut bermanfaat bagi teacher
sekalian, khususnya dalam pelajaran reading.
Jangan lupa kunjungi juga akun youtube PET Proenglishteacher di sini dan subscribe video-videonya.
Jangan lupa kunjungi juga akun youtube PET Proenglishteacher di sini dan subscribe video-videonya.
apakah strategy ini sebelumnya pernah digunakan dalam penelitian pak?
ReplyDeleteterima kasih
Ndra, bagi tips mengajear 'reading' yang lain dong (second/additional language). Terutama buat adult learners/ intermediate level
ReplyDeleteBagi tips2 buku yang membahas tentang pqrst strategi dong..
ReplyDelete