Artikel Lainnya

Saturday, May 16, 2015

Buku Grammar: Buku Grammar untuk Medium dan Advance Learners

Hai teachers... Pada kesempatan kali ini, penulis ingin berbagi buku grammar untuk medium dan advance learners. Sebelumnya juga penulis sudah membagikan buku grammar untuk pemula.  Sebenarnya buku ini dapat ditemukan di toko-toko buku langganan teachers sekalian. Namun mungkin ada beberapa buku yang belum teachers miliki. Oleh karena itu penulis ingin membagikan buku grammar yang penulis miliki kepada teachers sekalian.

Sebelum memberikan link unduhan buku grammar, perlu penulis tekankan kepada teachers sekalian bahwa belajar struktur kalimat itu sangatlah penting dalam mempelajari sebuah bahasa. Kenapa sangat penting? Agar bahasa yang kita gunakan terstruktur dan dapat dimengerti oleh orang yang menggunakan bahasa yang sama. Contohnya, seorang guide bertanya kepada tamu yang menjadi langganannya dengan pertanyaan “are you going where?” yang diartikan sebagai “kamu pergi kemana?” otomatis tamu langganannya pasti akan kebingungan dan bahkan tidak mengerti apa yang diucapkan oleh si guide ini. Dan kemungkinan tidak akan memakai jasa si guide ini lagi dikarenakan struktur bahasanya saja sudah salah, lalu bagaimana si tamu akan mengerti penjelasan si guide ini? Oleh karena itu, sekali lagi pembelajaran grammar tidak boleh dipandang sebelah mata. Contoh lainnya, Sebuah tempat suci yang melarang yang sedang datang bulan untuk memasuki wilayah tersebut menuliskan papan larangan “Caution. For the women who coming moon is not enter this area”  sebagai terjemahan dari “Perhatian. Bagi wanita yang datang bulan dilarang masuk area ini” ini bukan main-main tapi istilah coming moon pernah penulis temukan di salah satu papan larangan. Apabila struktur seperti hal tersebut di atas terjadi pada kehidupan nyata, maka tentunya orang yang membacanya pasti akan tertawa dalam hati dikarenakan pengumuman penting seperti itu hendaknya menggunakan grammar yang benar. 


Pada kesempatan sebelumnya penulis sempat membagikan buku grammar dasar kepada teachers sekalian. Buku yang akan penulis berikan ini merupakan buku bagi medium dan advance learners. Nah ini dia yang ditunggu-tunggu oleh teachers sekalian. Link unduhan buku grammar untuk medium dan advance learners. Semoga membantu.

No comments:

Post a Comment