Hai
teachers… Sebagai seorang guru, kita kerap kali menggunakan berbagai
pendekatan, model pembelajaran, strategi, dan lainnya. Namun, kerap kali kita
tidak mengetahui masing-masing pengertian dan perbedaan antara semua yang telah
disebutkan di atas. Oleh karena itu pada kesempatan kali ini penulis ingin
berbagi mengenai penjelasan Pendekatan, Model pembelajaran dan Strategi. Check
this out…!!!
Pendekatan
Pembelajaran
Pendekatan pembelajaran adalah ide atau gagasan pembelajaran yang melandasi
pencapaian tujuan pembelajaran. Kalau dinyatakan dalam bentuk pertanyaan, maka
pertanyaan untuk pendekatan menjadi, “Apakah ide atau gagasan pembelajaran yang
akan digunakan untuk mencapai tujuan pembelajaran?”
Dalam konteks umum pembelajaran, telah lama dikenal dua jenis pendekatan
pembelajaran, yaitu pendekatan induktif dan pendekatan deduktif. Pendekatan
induktif adalah ide atau gagasan pembelajaran yang dimulai dari bagian-bagian
untuk mencapai suatu keseluruhan. Misalnya, berangkat dari contoh-contoh menuju
suatu konsep atau generalisasi. Pendekatan deduktif adalah ide atau gagasan
pembelajaran yang berlawanan arah dengan pendekatan induktif. Pendekatan deduktif
adalah ide atau gagasan pembelajaran yang dimulai dari konsep atau generalisasi
menuju pada contoh-contoh nyata pengertian konsep atau generalisasi yang
dibangun. Dalam bentuk lain, kedua pendekatan tersebut masing-masing dikenal
dengan pendekatan proses (process approach) dan pendekatan konsep (concept
approach) .
Selain kedua pendekatan yang
telah dijelaskan di atas, seiring perkembangan jaman sebenarnya telah banyak
pendekatan-pendekatan yang bermunculan. Hal ini dikarenakan pendidikan itu
dinamis dan selalu berubah-ubah. Oleh karena itu, wajar jika pendekatan itu
juga semakin berkembang dan bermunculan.
Model Pembelajaran
Model pembelajaran adalah seperangkat prosedur pembelajaran yang dibangun
dengan dasar teori, pendekatan, metode, strategi, dan teknik pembelajaran
tertentu untuk mencapai tujuan pembelajaran. Secara umum, dapat dinyatakan model
pembelajaran memiliki konstruksi teori belajar yang jelas dan gambaran situasi
sosial pembelajaran (interaksi peserta didik dalam pembelajaran). Konstruksi
teori belajar merupakan landasan model dan gambaran situasi sosial pembelajaran
merupakan wujud nyata model pembelajaran yang mendeskripsikan interaksi peserta
didik, tahap demi tahap, dalam pembelajaran agar proses belajar berlangsung
secara optimal berdasarkan keyakinan terhadap teori yang digunakan.
Strategi Pembelajaran
Strategi pembelajaran
merupakan suatu serangkaian rencana kegiatan yang termasuk didalamnya
penggunaan metode dan pemanfaatan berbagai sumber daya atau kekuatan dalam
suatu pembelajaran. Strategi pembelajaran disusun untuk mencapai suatu tujuan
tertentu. Strategi pembelajaran didalamnya mencakup pendekatan, model, metode
dan teknik pembelajaran secara spesifik.
Dari
penjelasan di atas maka dapat kita simpulkan bahwa pendekatan adalah gagasan
kita dalam mengajar, model pembelajaran adalah prosedurnya untuk menjalankan gagasan kita tersebut, dan dalam
melaksanakan prosedur tersebut, kita bisa menggunakan satu atau dua strategi atau bahkan lebih.
Mudah bukan?
Jangan lupa kunjungi juga akun youtube PET Proenglishteacher di sini dan subscribe video-videonya.
Jangan lupa kunjungi juga akun youtube PET Proenglishteacher di sini dan subscribe video-videonya.
No comments:
Post a Comment