Artikel Lainnya

Monday, April 13, 2015

Media Pembelajaran Game Board: Media Pembelajaran Bahasa Inggris

Hai teachers… Pernahkah teachers sekalian bermain ular tangga (Snakes & Ladders) atau bermain monopoli (Monopoly) ketika teachers masih usia anak-anak? Atau bahkan masih memainkannya hingga saat ini? Games memang sangat digemari tidak hanya oleh anak-anak tetapi juga oleh orang dewasa. Kesempatan ini sebenarnya bisa kita terapkan dalam pembelajaran bahasa Inggris, khususnya kepada anak-anak. Pada kesempatan kali ini, penulis ingin menjelaskan sedikit mengenai games dalam pembelajaran bahasa Inggris sekaligus berbagi link unduhan Game Board kepada teachers sekalian. Chek it out!


Permainan bahasa inggris atau biasa disebut 'English Games' merupakan salah satu teknik yang banyak digunakan untuk mengajar bahasa Inggris. Ada banyak alasan mengapa menggunakan permainan dalam belajar bahasa Inggris di kelas, salah satu diantaranya adalah untuk menghadirkan kesenangan dalam belajar.

Bagi pengajar bahasa inggris, tujuan dari pemberian pelajaran bahasa Inggris adalah supaya anak bisa menggunakan bahasa tersebut. Dengan menggunakan permainan bahasa Inggris lah secara tidak sadar siswa akan ikut serta dalam menggunakan bahasa Inggris dan juga secara langsung merangsang ketertarikan siswa dalam belajar bahasa Inggris.

Alasan lain untuk menyisipkan permainan dalam belajar bahasa Inggris adalah:

  1. Memusatkan perhatian siswa terhadap struktur bahasa yang spesifik, pola-pola grammar, dan tentunya kosa kata atau vocabulary.
  2. Menjadi penguat, peninjau, dan pemer-kaya pelajaran.
  3. Menjamin keikutsertaan siswa dalam belajar bahasa Inggris secara maksimal.
  4. Dapat digunakan di semua kemampuan bahasa seperti speaking, reading, listening atau writing.
  5. Memberikan kontribusi terhadap suasana persaingan yang sehat antar siswa.
  6. Memberikan jalan untuk menggunakan bahasa Inggris dengan kreatif dalam situasi yang tidak menekan.
  7. Melibatkan partisipasi yang setara antara siswa yang cepat dan lambat belajar bahasa Inggris.
  8. Dapat disesuaikan dengan umur dan tingkatan bahasa Inggris siswa.
  9. Dapat digunakan baik secara individu maupun kelompok.

Tanpa berpanjang-panjang lagi, kini penulis akan memberikan link unduhan games board kepada teachers sekalian. Link ini akan mengarahkan teachers ke link unduhan worksheets. Cara mengunduh cukup klik “Download Worksheet”. Bagi teachers yang pertama kali mengunduh worksheet ini, teachers akan dimintai alamat email dan password email techers. Lalu centang teacher, maka worksheet dapat langsung diunduh. Mudah bukan? Berikut ini link unduhan game board.
 
Race to draw the bunny
http://www.education.com/worksheet/article/race-draw-bunny/

Cross the river
http://www.education.com/worksheet/article/river-cross-board-game/

Enchanted game
http://www.education.com/worksheet/article/enchanted-unicorn-game/

Play long vowel bingo
http://www.education.com/worksheet/article/play-long-vowel-bingo/

Camping worksheet
http://www.education.com/worksheet/article/camping/

Picture memory game
http://www.education.com/worksheet/article/snack-time-memory-game/

Build a snowman
http://www.education.com/worksheet/article/snowman-card-game/

Rock paper scissors
http://www.education.com/worksheet/article/rock-paper-scissors-game/

ABC memory game
http://www.education.com/worksheet/article/a-b-c-memory-game/

The gold rush worksheet
http://www.education.com/worksheet/article/gold-rush-game/

Mr. Frog
http://www.education.com/worksheet/article/coin-toss-game-frog/

Alien coin toss game
http://www.education.com/worksheet/article/coin-toss-game-alien/

Sandwich stacker
http://www.education.com/worksheet/article/play-sandwich-stackers/

Halloween fortune spinner
http://www.education.com/worksheet/article/halloween-ghost-fortune-teller/

Play busy bees
http://www.education.com/worksheet/article/play-busy-bees/

Baca juga
Media Cartoon Story Maker: Guru Juga Bisa Membuat Media Pembelajaran Berupa Kartun

Jangan lupa kunjungi juga akun youtube PET Proenglishteacher di sini dan subscribe video-videonya.

No comments:

Post a Comment