Artikel Lainnya

Friday, April 17, 2015

Narrative Text: Penjelasan dan Contoh Text (Cerita Rakyat Berbahasa Inggris)

Hai teachers... Masih ingatkah ketika duduk di bangku sekolah dulu, kita sering membaca kisah-kisah dongeng dan legenda daerah yang sangat terkenal hingga saat ini. Pasti ada keinginan kita untuk menceritakan kisah-kisah itu kembali kepada anak didik kita kan? Lalu, bagaimana jika cerita itu dikemas dalam bahasa Inggris? Wah pasti sangat menarik untuk diajarkan pada siswa-siswa kita sekalian. Oleh karena itu, Penulis ingin berbagi link-link cerita rakyat berbahasa Inggris kepada teachers sekalian. Namun ada baiknya kita berbicara sedikit mengenai Narrative agar pembaca sekalian paham sebelum mengunduh cerita rakyat tersebut.

Dari sekian genre yang ada, mungkin Narrative Text adalah satu yang paling teachers pahami atau ketahui. Teks ini biasanya berisikan cerita masa lampau dan untuk hiburan. Terkadang guru akan mengalami kebingungan mengenai beda antara narrative dengan recount yang sama-sama termasuk dalam jenis narration. Perbedaannya terletak pada generic structure masing-masing teks. Dengan mengetahui generic structure narrative dan recount, teachers pasti akan sangat mudah dalam membedakan keduanya. 


Narrative Text memiliki tujuan komunikatif untuk menghibur pendengar atau pembaca mengenai suatu kisah atau cerita masa lampau yang berhubungan dengan pengalaman nyata, fiktif atau peristiwa-peristiwa pelik yang mengarah ke suatu krisis, yang pada akhirnya menemukan suatu penyelesaian.

Adapun generic structure dari narrative itu sendiri secara umum terdiri atas tiga bagian umum. Namun, pada sumber lain teachers kemungkinan akan mendapatkan bagian yang lebih dari tiga seperti bagian climax. Adapun ketiga bagian tersebut dapat dijelaskan sebagai berikut:

Orientation
Pada bagian Orientation atau pengenalan berisi tentang pengenalan tokoh dalam cerita serta waktu dan tempat kejadiannya atau menjelaskan mengenai "Siapa", "Apa", "Kapan", dan "Di mana"

Complication
Pada bagian ini biasanya berisikan mengenai gambaran munculnya krisis atau masalah yang di alami oleh tokoh pada cerita tersebut yang harus dipecahkan. Permasalahan ini bisa saja lebih dari satu yang nantinya akan mencapai puncak permasalahan (Climax).
  
Resolution
Bagian Resolution ini berisi tentang bagaimana tokoh dari cerita tersebut berhasil untuk memecahkan masalah yang ada pada bagian Complication. Biasanya terdapat lebih dari satu Resolution untuk satu Complication.
  

Ciri Kebahasan Narrative Text
Pada Narrative Text, terdapat beberapa ciri-ciri yang dapat dijelaskan sebagai berikut:
  • Mengunakan Action Verb dalam bentuk Past Tense. Misalnya : Climbed, Turned, Brought, dsb.
  • Menggunakan Nouns tertentu sebagai kata ganti orang, hewan dan benda tertentu dalam cerita. Misalnya : the king, the queen, dsb.
  • Menggunakan Adjectives yang membentuk noun phrase. Misalnya : long black hair, two red apples, dsb.
  • Menggunakan Time Connectives dan Conjunctions untuk mengurutkan kejadian-kejadian. Misalnya : then, before, after, soon, dsb.
  • Menggunakan Adverbs dan Adverbial Phrase untuk menunjukkan lokasi kejadian atau peristiwa. Misalnya : here, in the mountain, happily ever after, dsb.  


Nah, sekaranglah saatnya penulis bagikan link unduhan cerita rakyat berbahasa Inggris. Cerita ini sebagian besar merupakan narrative text. Cerita yang teachers unduh dapat teachers edit sesuai kebutuhan dan cek kembali grammar dari teks ini. Namun, jangan sampai menghilangkan generic structure narrative text itu sendiri. Cara membuka link tersebut adalah dengan mengcopy alamar ULR yang teachers sekalian akan pilih dan paste di kolom url lalu klik enter, maka teachers sekalian akan dibawa menuju cerita yang teachers sekalian pilih. Adapun Link cerita rakyat berbahasa Inggris dapat dilihat di bawah ini:

http://www.englishindo.com/2011/10/malin-kundang.html

http://www.englishindo.com/2012/02/legenda-danau-maninjau-bahasa-inggris.html

http://www.englishindo.com/2011/09/dongeng-legenda-danau-toba.html

http://www.englishindo.com/2012/02/legenda-batu-gantung-kota-parapat.html

http://www.englishindo.com/2011/02/jaka-tarub-dan-7-bidadari.html

http://www.englishindo.com/2011/09/timun-emas.html

http://www.englishindo.com/2011/02/dongeng-bahasa-inggris-aji-saka-alfabet.html

http://www.englishindo.com/2011/10/legenda-candi-prambanan.html  

http://www.englishindo.com/2011/12/dongeng-bahasa-inggris-nyi-roro-kidul.html

http://www.englishindo.com/2011/12/dongeng-bahasa-inggris-kembang-melati.html  

http://www.englishindo.com/2011/12/dongeng-bahasa-inggris-tisna-wati-ratu.html

http://www.englishindo.com/2011/12/dongeng-bahasa-inggris-dongso-dan.html  

http://www.englishindo.com/2011/12/dongeng-bahasa-inggris-gajah-mada-dan.html

http://www.englishindo.com/2011/02/dongeng-bahasa-inggris-rara-jonggrang.html

http://www.englishindo.com/2011/09/dongeng-legenda-danau-toba.html

http://www.englishindo.com/2012/02/legenda-telaga-warna-bahasa-inggris.html

http://www.englishindo.com/2011/12/dongeng-bahasa-inggris-banyuwangi-dalam.html

http://www.englishindo.com/2011/09/lutung-kasarung-dan-seorang-putri.html

http://www.englishindo.com/2012/01/cerita-rakyat-keris-kutukan-mpu.html

http://englishindocument.files.wordpress.com/2014/03/bali1-the-legend-of-singaraja.docx

http://www.englishindo.com/2011/02/legenda-gunung-bromo-dalam-bahasa.html
   

2 comments:

  1. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  2. Kenapa ya kok link dr masing2 story gabisa d.downlaload?

    ReplyDelete