Artikel Lainnya

Tuesday, April 7, 2015

Model Pembelajaran Student Team-Achievement Division dalam Pengajaran Bahasa Inggris

Hai teachers... Apakah teachers semua tau apa itu pembelajaran kooperatif? Jika belum, pembelajaran kooperatif merupakan model pembelajaran menggunakan sistem pengelompokkan atau tim kecil,yaitu antara 4-5 orang yang mempunyai latar belakang kemampuan akademik,jenis kelamin,ras atau suku yang berbeda (heterogen). Kali ini penulis ingin berbagi mengenai model pembelajaran STAD atau Student Team-Achievement Division. Lalu, apa itu STAD? Check this out.



Model pembelajaran STAD termasuk model pembelajaran kooperatif. Semua model pembelajaran kooperatif ditandai dengan adanya struktur tugas, struktur tujuan dan struktur penghargaan. Dalam proses pembelajaran dengan model pembelajaran kooperatif siswa didorong untuk bekerjasama pada suatu tugas bersama dan mereka harus mengkoordinasikan usahanya untuk menyelesaikan tugas yang diberikan guru. Tujuan model pembelajaran kooperatif adalah prestasi belajar akademik siswa meningkat dan siswa dapat menerima berbagai keragaman dari temannya, serta pengembangan keterampilan sosial.

Model pembelajaran STAD memiliki beberapa prinsip yang dapat dijelaskan sebagai berikut:

  • Setiap anggota kelompok (siswa) bertanggung jawab atas segala sesuatu yang dikerjakan dalam kelompoknya.
  • Setiap anggota kelompok (siswa) harus mengetahui bahwa semua anggota kelompok mempunyai tujuan yang sama.
  • Setiap anggota kelompok (siswa) harus membagi tugas dan tanggung jawab yang sama diantara anggota kelompoknya.
  • Setiap anggota kelompok (siswa) akan dikenai evaluasi.
  • Setiap anggota kelompok (siswa) berbagi kepemimpinan dan membutuhkan keterampilan untuk belajar bersama selama proses belajarnya.
  • Setiap anggota kelompok (siswa) akan diminta mempertanggungjawabkan secara individual materi yang ditangani dalam kelompok kooperatif.


Adapun langkah-langkah model pembelajaran STAD adalah sebagai berikut:
Langkah
Indikator
Aktivitas Guru
Langkah 1






Langkah 2


Langkah 3



Langkah 4



Langkah 5




Langkah 6
Menyampaikan tujuan dan
memotivasi siswa





Menyajikan informasi


Mengorganisasikan siswa ke
dalam kelompok- kelompok belajar

Membimbimg kelompok belajar


Evaluasi




Memberikan penghargaan
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran dan mengkomunikasikan kompetensi dasar
yang akan dicapai serta memotivasi siswa

Guru menyajikan informasi kepada siswa

Guru menginformasikan pengelompokkan
Siswa

Guru memotivasi serta memfasilitasi kerja siswa dalam kelompok-kelompok belajar

Guru mengevaluasi hasil belajar tentang
materi pembelajaran yang telah dilaksanakan

Guru memberi penghargaan hasil belajar
individual dan kelompok

No comments:

Post a Comment