Artikel Lainnya

Tuesday, May 19, 2015

Materi Listening: Worksheet dan Audio

Hai teachers… Kali ini penulis akan membagikan materi listening bahasa Inggris gratis untuk Pemula. Ketika teachers sekalian mengajar listening, hal yang sering terjadi adalah teachers sekalian kurang memiliki materi listening disertai dengan worksheet yang bisa teachers berikan kepada siswa teachers sekalian. Oleh karena itu, Penulis ingin membagikan materi listening yang bisa teachers sekalian unduh untuk dipergunakan. Check this out…!!!



Dalam belajar bahasa Inggris, ada 4 kompetensi berbahasa yang harus dikuasai oleh siswa. Adapun keempat kompetensi itu kita sudah ketahui bersama, yaitu listening, speaking, reading, dan writing. Listening adalah kemampuan berbahasa pertama yang harus dipelajari dikarenakan hal yang kita pelajari pertama dalam mempelajari bahasa adalah mendengarkan. Anak yang awalnya belum bisa berbicara menghabiskan waktu untuk mendengarkan sehingga ketika speech organs mereka sudah mampu untuk mengucapkan bunyi, maka sedikit demi sedikit mereka akan mampu untuk berbicara. Oleh karena itu, kemampuan mendengarkan jangan sampai disepelekan. Apalagi tidak diajarkan dikarenakan teachers sekalian tidak memiliki materi yang bisa diberikan.

Ketika teachers sekalian memiliki materi audio untuk pembelajaran listening, tidak sedikit dari teachers sekalian yang harus membuat worksheetnya. Selain itu, permasalahan yang sering terjadi adalah, worksheet tersebut hanya mengukur kemampuan domain C1 (Pengetahuan). Domain C1 yang diukur pun hanya berupa close test saja sehingga siswa terkadang bosan dengan latihan yang seperti itu-itu saja.

Materi listening yang penulis berikan kali ini tidak hanya berupa close test, tapi dikombinasikan dengan latihan lainnya dan disertai dengan gambar sehingga siswa tidak merasa bosan untuk mengerjakannya. Latihannya pun tergolong mudah dikarenakan materi ini diperuntukkan untuk pemula. Materi ini berupa conversation yang dilakukan oleh native dan non-native dalam menggunakan bahasa Inggris.

Sudah tidak sabar untuk mengunduhnya? Berikut ini penulis sajikan materi yang disertai worksheetnya yang bisa teachers sekalian unduh secara gratis.


5 comments:

  1. Thanks a lot. Your listening materials are really helpful. May God bless you and your family.

    ReplyDelete
  2. Thank you Mr. Indra
    you help much :)

    ReplyDelete
  3. thanks for sharing. it's helping me much

    ReplyDelete
  4. Thanks a lot for sharing this,,,

    ReplyDelete