Hai teachers sekalian. How are you today? Are your students well?
Kesempatan kali ini penulis ingin berbagi teknik-teknik umum yang biasa
digunakan oleh teachers dalam mengajar speaking.
Adapun judul kali ini penulis sebut dengan 8
Teknik Mengajar Berbicara Teachers Must Use.
Apa saja delapan teknik itu? Check this
out…!!!
1.
Diskusi
Diskusi dapat di terapkan untuk berbagai
macam alas an pada pelajaran speaking.
Para siswa dapat berdiskusi sampai pada sebuah kesimpulan, berbagi ide tentang
suatu peristiwa, atau mencari solusi dalam kelompok diskusi mereka. Tentunya,
diskusi ini dilakukan dengan bahasa Inggris. Kontrol siswa teachers sekalian
agar melakukan diskusi dengan bahasa Inggris. Sebelum diskusi, sangat penting
bahwa tujuan dari kegiatan diskusi diatur oleh teachers. Dengan cara ini, titik
diskusi yang relevan dengan tujuan ini, sehingga siswa tidak menghabiskan waktu
mereka mengobrol satu sama lain tentang hal-hal yang tidak relevan. Sebagai
contoh, siswa dapat terlibat dalam setuju / tidak setuju diskusi. Dalam jenis
diskusi, teachers dapat membentuk kelompok siswa, sebaiknya 4 atau 5 di
masing-masing kelompok. Kemudian masing-masing kelompok bekerja pada topik
masing-masing sesuai kelompok untuk jangka waktu tertentu, dan menyajikan hasil
diskusi mereka di depan kelas
2.
“Role Play” (Bermain Peran)
Salah satu cara lain untuk meningkatkan
skill berbicara siswa adalah dengan bermain role-playing. Siswa berpura-pura
bahwa mereka berada dalam berbagai konteks sosial dan memiliki berbagai peran
sosial. Dalam kegiatan “Role-Play ( bermain peran ), Teachers memberikan
informasi kepada siswa atau peserta didik seperti siapa mereka dan apa yang
mereka pikirkan atau rasakan. Dengan demikian, teachers dapat memberitahu siswa
bahwa “Anda adalah Ariel, Anda pergi ke dokter dan menceritakan apa yang
terjadi semalam, dan …” (Harmer, 1984)
3.
Simulasi
Simulasi yang sangat mirip dengan
permainan peran, tapi apa yang membuat simulasi berbeda dari peran memainkan
adalah bahwa mereka lebih rumit. Dalam simulasi, siswa dapat membawa
barang-barang ke kelas untuk menciptakan lingkungan yang realistis. Misalnya,
jika seorang siswa bertindak sebagai penyanyi, dia membawa mikrofon untuk
bernyanyi dan sebagainya. Memainkan peran dan simulasi memiliki banyak
keuntungan. Pertama, karena simulasi menghibur dan memotivasi siswa. Kedua,
menurut Harmer (1984) menunjukkan, Simulasi meningkatkan kepercayaan diri
siswa, karena dalam bermain peran dan simulasi kegiatan, mereka akan memiliki
peran yang berbeda dan tidak perlu berbicara sendiri, yang berarti mereka tidak
harus mengambil tanggung jawab yang sama.
4.
Information Gap
Dalam kegiatan ini, siswa harus
berpasangan. Seorang siswa akan memiliki informasi bahwa pasangan lain tidak miliki.
Tentunya untuk memiliki informasi yang akan dibagi, siswa harus mencari sendiri
bahan informasinya terlebih dahulu. Oleh karena itu, teachers sekalian bisa
memberikan topic sehari sebelumnya agar siswa datang ke kelas dengan informasi
yang siap mereka bagi dengan temannya. Kegiatan information gap ini memiliki
tujuan seperti pemecahan masalah atau mengumpulkan informasi. Juga,
masing-masing pasangan memainkan peran penting karena tugas tidak dapat
diselesaikan jika mitra tidak memberikan informasi yang lain butuhkan. Kegiatan
ini efektif karena setiap orang memiliki kesempatan untuk berbicara secara luas
dalam Bahasa inggris.
5.
Story Telling (Mendongeng)
Siswa dapat secara singkat meringkas
kisah atau cerita yang mereka dengar dari orang sebelumnya, atau mereka mungkin
membuat cerita mereka sendiri untuk memberitahu teman-teman sekelas mereka.
Story telling menumbuhkan pemikiran kreatif. Hal ini juga membantu siswa
mengekspresikan ide-ide dalam bentuk awal, pengembangan, dan hasil akhir,
termasuk karakter dan setting sebuah cerita harus dimiliki. Siswa juga dapat
memberitahu teka-teki atau lelucon. Misalnya, pada awal setiap sesi kelas, teachers
dapat memanggil beberapa siswa untuk menceritakan teka-teki pendek atau lelucon
sebagai pembuka. Dengan cara ini, teachers tidak hanya akan meningkatkan
kemampuan berbahasa siswa, tetapi juga mendapatkan perhatian dari kelas.
6.
Interview (Wawancara)
Siswa dapat melakukan wawancara pada
topik yang dipilih dengan berbagai orang. Ini adalah ide yang baik bahwa teachers
memberikan rubrik kepada siswa sehingga mereka tahu apa jenis pertanyaan mereka
nantinya. Dari rubric ini, mereka diminta untuk menyusun pertanyaan mereka
sendiri atau, teachers juga bisa memberikan rubric yang sudah berisikan
pertanyaan (Interview guide). Kegiatan ini memberi siswa kesempatan untuk
berlatih kemampuan berbicara mereka tidak hanya di kelas tetapi juga di luar
dan membantu mereka menjadi lebih bersosialisasi.
7. Story Completion
Teknik ini sangat menyenangkan, seluruh
kelas, bebas berbicara kegiatan yang mana siswa duduk membentuk lingkaran.
Untuk kegiatan ini, teachers mulai bercerita, tapi setelah beberapa kalimat dia
berhenti bercerita. Kemudian, setiap siswa mulai melanjutkan dari titik di mana
sebelumnya berhenti. Setiap siswa harus untuk menambah 4-10 kalimat. Siswa
dapat menambahkan karakter baru, peristiwa, deskripsi dan sebagainya.
8. Reporting
Sebelum datang ke kelas, siswa diminta
untuk membaca koran atau majalah dan di kelas, mereka melaporkan kepada
teman-teman mereka akan informasi apa yang mereka temukan sebagai berita yang
paling menarik. Siswa juga dapat berbicara tentang apakah mereka telah
mengalami apa pun yang layak untuk diberitahu teman-teman dalam kehidupan
sehari-hari mereka di depan kelas.
Nah itu dia 8 Teknik Mengajar Berbicara Teachers Must Use. Semoga teknik ini
dapat diaplikasikan dengan baik. Selamat mencoba.
Jangan lupa kunjungi juga akun youtube PET Proenglishteacher di sini dan subscribe video-videonya.
Jangan lupa kunjungi juga akun youtube PET Proenglishteacher di sini dan subscribe video-videonya.
Heya superb website! Does running a blog such as this take a great deal of work? I've very little understanding of programming however I had been hoping to start my own blog in the near future. Anyhow, if you have any recommendations or tips for new blog owners please share. I know this is off subject however I just had to ask. Kudos! outlook 365 login
ReplyDeleteThe service and support she provided provided a real feeling of comfort and confidence that everything will be well in hand and handled professionally and which has a high amount of expertise. mortgage payment calculator canada You may also want to increase the sized your deposit or the length from the amortization period of your respective mortgage as both of these solutions will decrease your mortgage payments. mortgage payment calculator canada
ReplyDelete