Hai teachers, bagaimana kabar teachers
sekalian? I hope you are doing well.
Pada kesempatan kali ini penulis ingin berbagi strategi yang bisa digunakan
pada pelajaran reading. Adapun nama
strategi ini adalah Collaborative
Strategic Reading (CSR). Lalu apakah
CSR itu?
CSR adalah strategi yang membantu siswa
untuk menggunakan berbagai strategi untuk membantu siswa memahami isi bacaan ketika
sedang bekerja bersama kelompok. CSR ini sendiri terdiri atas beberapa tahapan
yaitu Preview, Click and Clunk, Get the gist,
dan Wrap up. Apakah teachers
sekalian ingin tahu bagaimana penjelasan masing-masing tahapan dan cara
implementasinya? Check this out…!!!
Berikut ini akan penulis jelaskan
masing-masing tahapan dalam CSR. Namun, dalam mengimplementasikan strategi ini,
siswa harus dikelompokan menjadi beberapa grup. Teks yang diberikan pun
hendaknya didukung dengan gambar dan ilustrasi yang jelas yang mampu membantu
siswa dalam memahami isi bacaan. Dalam pengimplementasian tiap tahapan,
hendaknya teachers sekalian memberikan alokasi waktu yang pasti dan menghentikan
tahapan apabila waktu telah habis dengan cara meniup peluit, bertepuk tangan, dsb.
Adapun keseluruhan tahapan dapat dijelaskan sebagai berikut:
Preview
Tahapan ini adalah tahapan dimana siswa
melakukan preview terhadap
keseluruhan isi teks sebelum mereka membaca dengan seksama. Tahapan preview ini bisa dilakukan dengan
melihat gambar atau ilustrasi pendukung, membaca dengan cepat, memahami judul
teks, memprediksi isi teks tersebut akan seperti apa, dll. Kegiatan preview ini
juga bisa dilakukan dengan memberikan siswa beberapa pertanyaan yang membantu
mereka memprediksi isi bacaan. Tujuan kegiatan ini adalah untuk membangkitkan prior knowledge siswa akan topik bacaan.
Lalu berikan siswa waktu untuk berdiskusi dengan temannya akan preview yang
telah mereka lakukan.
Click
dan Clunk
Pada tahapan ini, siswa membaca isi teks
dengan lebih seksama dan menandai dengan clik apabila siswa mengetahui makna
kalimat / isi bacaan masing-masing paragraph dan menandai dengan clunk apabila
tidak memahami makna kalimat / isi bacaan masing-masing paragraph. Penandaan ini
bisa dilakukan secara ingatan atau ditulis untuk memudahkan siswa dalam
berdiskusi nantinya. Setelah waktu membaca telah berakhir, mintalah siswa untuk
berdiskusi dengan temannya sehingga mereka bisa berdiskusi mengeni click dan
clunk yang telah mereka dapatkan. Teachers sekalian bisa menanyakan secara umum
clik dan clunk yang mereka dapatkan sehingga teachers bisa membantu siswa pada
masalah clunk.
Get
the gist
Ini adalah tahapan lanjut dimana siswa
diminta untuk menyatakan kembali ide pokok dari masing-masing paragraph dengan
kata-kata mereka sendiri. Tujuannya adalah untuk mengetahui sejauh mana
pemahaman siswa akan isi bacaan. Kegiatan ini bisa secara verbal atau
non-verbal. Teachers juga bisa membantu siswa dengan memberikan beberapa clue atau kata kunci agar mereka bisa focus
mencari apa yang dimaksud. Pada tahapan ini, berikan siswa waktu untuk
berdiskusi dengan teman dalam kelompoknya.
Wrap
up
Ini adalah tahapan selanjutnya dimana
siswa diminta untuk merangkum seluruh isi bacaan dengan kata-kata mereka
sendiri. Pada tahapan ini teachers bisa membantu siswa dengan memberikan kata
kunci apa saja yang harus mereka jelaskan nantinya. Bisa merupakan pertanyaan
5W 1H. pada tahapan ini teachers sekalian bisa berpura-pura bahwa siswalah yang
menjadi guru dan teachers sekalian dapat bertanya beberapa pertanyaan untuk
mengetahui sejauh mana pemahaman mereka aka nisi bacaan.
Adapun yang perlu diperhatikan dalam
implementasi strategi ini adalah alokasi waktu yang harus benar-benar ditentukan
untuk masing-masing tahapan. Sisanya, bisa teachers modifikasi sendiri. Selamat
mencoba.
Jangan lupa kunjungi juga akun youtube PET Proenglishteacher di sini dan subscribe video-videonya.
Jangan lupa kunjungi juga akun youtube PET Proenglishteacher di sini dan subscribe video-videonya.
ada gk kk buku yang membahas menegenai CSR ini ? mohon informasinya ya kk , maksi
ReplyDelete