Hai teachers
sekalian, sedang apa teachers sekalian? Pasti sedang membaca artikel di
proenglishteacher ya? Hehehe. Pada kesempatan kali ini, penulis ingin berbagi
sebuah strategi dalam pelajaran menulis. Adapun nama strategi ini adalah P.L.E.A.S.E. Lalu, strategi apakah PLEASE
ini? Check this out…!!!
Singkatan dari P.L.E.A.S.E adalah Pick,
List,
Evaluate,
Activate,
Supply, dan End. Strategi ini sangat cocok digunakan untuk menulis konten yang
tidak terlalu panjang atau hanya beberapa paragraph pendek saja. Jadi strategi
ini baiknya digunakan untuk kemampuan dasar menulis. Adapun prosedur dari
PLEASE ini dapat dijelaskan sebagai berikut:
Pick
: Memilih Topik yang terbaik
Pada bagian ini
teachers sekalian memandu siswa untuk memilih topic terbaik sebagai dasar
tulisan mereka. Teachers bisa membiarkan siswa mencari topic mereka sendiri
atau bisa teachers pandu bagi mereka yang kesusahan.
List
: Susun Ide-ide tentang topic itu
Pada bagian ini,
mintalah siswa teachers sekalian untuk mendaftar ide-ide apa saja yang akan
dituangkan di dalam tulisan yang terkait dengan topic yang telah
dipilih.baiknya ide-ide itu disusun secara berurutan atau secara kronologi agar
lebih mudah bagi siswa untuk mengembangkannya (Teachers bisa membantu siswa
dalam menyusun ide).
Evaluate
: Evaluasi daftar ide-ide
Pada bagian ini,
mintalah siswa untuk mengevalusi susunan ide yang sudah mereka tulis. Siswa harus
mengevalusi susunan ide mereka dan meyakini bahwa ide-ide mereka cocok untuk
mendukung topik.
Activate
: Menghidupkan setiap paragraf dengan sebuah kalimat topik
Pada bagian mintalah
siswa untuk mengembangkan topic yang sudah dipilih sebuah kalimat yang komplit.
Pastikan siswa tahu bahwa kalimat pertama pada sebuah paragraf menjelaskan topik
utama. Kalimat topic atau disebut dengan main
idea bisa ditempatkan di awal atau diakhir paragraph.
Supply:
Memberikan kalimat pendukung
Pada bagian ini,
siswa menyusun kalimat-kalimat pendukung yang berasal dari ide-ide yang sudah
ditulis sebelumnya. Pastikan bahwa kalimat-kalimat pendukung ini mendukung
kalimat topik yang telah ditulis sebelumnya.
End: Selesaikan dengan sebuah
paragraf kesimpulan sebagai ringkasan
Pada
bagian terakhir ini, ingatkan siswa agar menyelesaikan tulisannya dan membuat
sebuah paragraph yang merupakan ringkasan dari paragraf-paragraf sebelumnya.
Nah
itu dia Strategi PLEASE. Sangat mudah bukan? Di dalam penerapannya, teachers
sekalian bisa memodifikasi masing-masing tahapan ini. Semoga membantu dan
selamat mencoba.
Jangan lupa kunjungi juga akun youtube PET Proenglishteacher di sini dan subscribe video-videonya.
Jangan lupa kunjungi juga akun youtube PET Proenglishteacher di sini dan subscribe video-videonya.
Thanks buat tulisannya.
ReplyDelete