Hai teachers, setelah sekian lama
penulis tidak memosting artikel mengenai pembelajaran dan pengajaran bahasa
Inggris, kini penulis datang lagi dan ingin membagikan strategi pembelajaran
yang menarik. Strategi ini khusus diaplikasikan apabila kemampuan siswa
teachers sekalian sudah outstanding
atau memiliki pemahaman yang lebih. Cocok diterapkan pada kelas unggulan yang
terdiri atas siswa-siswa yang unggul. Lalu, strategi apakah yang dimaksud? Numbered Head Technique atau disingkat
NHT.
NHT adalah teori yang dikembangkan oleh
Kagan (1993) untuk melibatkan lebih banyak siswa ntuk meninjau kembali materi
yang ada dalam pelajaran dan untuk mengecek pemahaman siswa tentang isi dari
pelajaran. NHT adalah teknik pembelajaran kooperatif yang merangkul setiap
siswa untuk dapat mempertanggung jawabkan materi yang dijangkaunya.
Pada teknik ini, siswa ditempatkan dalam
kelompok dan tiap orang diberikan nomor dari 1 sampai jumlah maksimal mereka
dalam tiap kelompok. Guru kemudian memberikan pertanyaan dan siswa berdiskusi
untuk menemukan jawabannya. Guru memanggil nomor tertentu sebagai pembicara
untuk kelompoknya. Dengan memberikan siswa bekerjasama dalam kelompok, teknik
ini mengharuskan setiap anggota untuk mengetahui jawaban atau hasil diskusi
kelompok mereka. Siswa tidak akan tahu nomor berapa yang akan dipanggil sebagai
pembicara, jadi setiap siswa harus siap.
Dalam melaksanakan teknik
NHT, ada beberapa tahap yang harus dilalui, yaitu:
a. Numbering
Guru membagi siswa kedalam beberapa
kelompok yang terdiri dari 4 – 6 orang dan memberika nomor ke tiap anggota
kelompok.
b. Questioning
Guru memberikan permasalahan kepada
siswa.
c. Head
Together ( Think together )
Siswa berdiskusi untuk menemukan
jawaban dari permasalaha yang diberikan.
d. Answering
Guru memanggil nomor tertentu dari
tiap- tiap kelompok sebagai pembicara kelompoknya. Nomor yang dipanggil harus
mengangkat tangan dan mengemukakan
jawaban kepada siswa yang lainnya. Siswa dari kelompok yang berbeda bisa
memberikan opini mereka untuk jawaban yang sudah dikemukakan.
e. Evaluating
Guru mengevaluasi siswa secara
individu berdasarkan pemahaman mereka tentang topik tersebut. Hal tersebut bisa
dilakukan melalui jawaban yang diberikan oleh siswa dan juag pekerjaan kelompok
yang dinilai berdasarka kelayakan jawaban.
Keunggulan teknik ini adalah mampu
meningkatkan prestasi siswa, pemahaman yang mendalam, mengembangkan sikap yang
baik, mengembangkan jiwa kepemimpinan, meningkatkan rasa penasaran,
mengembangkan skill untuk masa depan, mengembangkan rasa memiliki, dan
meningkatkan rasa percaya diri. Namun, perlu diingat bahwa penerapan teknik ini
sebaiknya diaplikasikan pada kelas yang kemampuannya bagus atau pada kelas
Unggulan yang siswanya memiliki kemampuan berbicara yang bagus disertai
pemahaman yang baik.
Selamat mencoba teachers sekalian. Good
Luck.
Jangan lupa kunjungi juga akun youtube PET Proenglishteacher di sini dan subscribe video-videonya.
Jangan lupa kunjungi juga akun youtube PET Proenglishteacher di sini dan subscribe video-videonya.
it was a great strategy.Thank u for the inspiration.
ReplyDelete