Hai teachers sekalian… bagaimana proses mengajar teachers
sekalian? Semoga lancar Jaya…!!! Pada kesempata ini penulis kembali ingin
berbagi sebuah strategi yang bisa digunakan untuk mengajar reading. Adapun nama strategi ini adalah PARTS. Lalu, apa itu
PARTS? Penasaran? Check this out…!!!
Strategi PARTS
adalah strategi yang cocok digunakan pada kegiatan membaca yang sangat efektif.
Strategi ini diusulkan oleh Rainy pada tahun 2002. Strategi ini tidak hanya
akan membantu siswa untuk menikmati bacaan mereka, tetapi juga membantu siswa
untuk membaca dengan cepat dan megingat poin utama dalam bacaan. PARTS terdiri
dari Preview, Anticipating, Reading and Re-reading, think Critically, dan Summarizing.
Berikut ini
adalah tahapan strategi PARTS.
Previewing
Bagian pertama
dari strategi ini adalah preview (meninjau). Langkah meninjau dalam membaca
akan membantu pembaca untuk mempersiapkan pikiran mereka untuk menerima
informasi dalam teks bacaan (Potter, 2008). Dalam rangka mempersiapkan pikiran
pembaca ada beberapa langkah yang dirumuskan oleh Langan (2002) dalam meninjau teks,
yaitu: mempelajari judul dari bacaan, membaca dengan cepat paragraf pertama dan
terakhir, serta melihat sekilas gambar, nama penulis, dan grafik dalam teks. Dengan
melakukan kegiatan tersebut, pembaca akan mendapatkan gambaran dari isi, arah
dan tujuan bacaan, mereka juga dapat lebih mudah memahami dan mengingat informasi.
Tahapan preview ini bisa diimplementasikan selama 10 atau 15 menit tergantung
dari panjangnya teks yang diberikan.
Anticipating
Menurut Reading Rockets (2013) mengantisipasi adalah strategi pemahaman yang digunakan sebelum membaca untuk mengaktifkan pengetahuan awal siswa dan membangun rasa ingin tahu tentang topik baru. Dalam proses antisipasi, pembaca mencoba menebak apa yang dibicarakan dalam bacaan sehingga mereka bisa mengantisipasi apabila mereka tidak tahu apa yang dimaksud dalam bacaan. Kegiatan di dalam anticipating ini kebanyakan berupa memprediksi apa yang akan muncul di dalam bacaan atau mencari tahu sendiri informasi lain yang berhubungan dengan teks sebagai langkah antisipasi apabila tidak mengetahui informasi di dalam teks. Kegiatan ini bisa dilakukan selama 10 menit.
Menurut Reading Rockets (2013) mengantisipasi adalah strategi pemahaman yang digunakan sebelum membaca untuk mengaktifkan pengetahuan awal siswa dan membangun rasa ingin tahu tentang topik baru. Dalam proses antisipasi, pembaca mencoba menebak apa yang dibicarakan dalam bacaan sehingga mereka bisa mengantisipasi apabila mereka tidak tahu apa yang dimaksud dalam bacaan. Kegiatan di dalam anticipating ini kebanyakan berupa memprediksi apa yang akan muncul di dalam bacaan atau mencari tahu sendiri informasi lain yang berhubungan dengan teks sebagai langkah antisipasi apabila tidak mengetahui informasi di dalam teks. Kegiatan ini bisa dilakukan selama 10 menit.
Reading and Re-reading
Langkah ini
dapat dibagi menjadi dua kegiatan. Kegiatan pertama adalah pembaca melakukan
pembacaan cepat. Selama membaca cepat, pembaca membaca teks dalam hati dan
cepat sementara menandai setiap kata-kata asing, tapi tidak berhenti untuk
menemukan maknanya dan kemudian membaca kembali bacaan tersebut. Ketika pertama
kali membaca, siswa tidak harus khawatir tentang memahami segala sesuatu,
karena dalam kedua kali membaca pembaca akan memiliki kesempatan untuk membaca
kembali teks lebih lambat dan menemukan arti dari kata-kata yang tidak
diketahui sementara menandai beberapa poin penting. Kegiatan reading dapat dilakukan selama 5-10
menit dan re-reading bisa dilakukan selama 10-15 menit.
Think Critically
Dalam berpikir
kritis pembaca harus menggunakan pengetahuan mereka sendiri untuk berpikir
tentang pesan yang terkandung dalam teks. Selama langkah ini, siswa akan
diberikan beberapa pertanyaan yang mengarahkan siswa dalam berpikir teks lebih
kritis. Kegiatan ini dapat dilakukan selama 15-20 menit. Alokasi pada tahapan
ini lebih banyak dibandingkan tahapan lainnya dikarenakan siswa diminta untuk
berpikir secara kritis dan menghubungkan informasi yang mereka ketahui dengan
informasi yang mereka dapatkan dari membaca.
Summarizing.
Dengan meringkas, pembaca akan meningkatkan daya pemahaman mereka. Jadi pada langkah ini, siswa diminta untuk meringkas informasi dari seluruh teks. Kegiatan meringkas ini juga bisa dilakukan dengan menggaris bawahi informasi-informasi penting dan kemudian mengumpulkan menjadi satu sehingga lebih mudah dalam proses meringkas. Kegiatan ini bisa dilakukan selama 10 menit.
Dengan meringkas, pembaca akan meningkatkan daya pemahaman mereka. Jadi pada langkah ini, siswa diminta untuk meringkas informasi dari seluruh teks. Kegiatan meringkas ini juga bisa dilakukan dengan menggaris bawahi informasi-informasi penting dan kemudian mengumpulkan menjadi satu sehingga lebih mudah dalam proses meringkas. Kegiatan ini bisa dilakukan selama 10 menit.
Namun,
pembelajaran yang baik adalah pelajaran yang mampu memberikan umpan balik
kepada siswa teachers sekalian oleh karena itu, setelah strategi PARTS selesai
dilakukan, teachers bisa membahas informasi apa saja yang telah mereka dapatkan
dari membaca teks yang telah diberikan. Maka, siapkanlah beberapa pertanyaan
yang bisa menjadi umpan balik bagi pembelajaran siswa teachers sekalian.
Mungkin
teachers sekalian sudah tidak sabar untuk menggunakan strategi ini. Segera persiapkan
segalanya. Selamat mencoba.
Jangan lupa kunjungi juga akun youtube PET Proenglishteacher di sini dan subscribe video-videonya.
Jangan lupa kunjungi juga akun youtube PET Proenglishteacher di sini dan subscribe video-videonya.
Strategi ini ada di buku apa dan pengarangnya siapa ya?
ReplyDeleteStrategi di blog ini kebanyakan saya terjemahkan dari blog berbahasa inggris dan sy hubungkan dengan pembelajaran dengan skill yang sesuai.
DeleteCould you give any resources for the technique, Sir?
Deletebacaan yang sangat menarik dan membantu. bisa tolong cantumkan beberapa referensi tentang strategi diatas?
ReplyDeleteThanks so much...this article is really helpful..
ReplyDelete